Strategi Penargetan Pelanggan dengan Geo-Location atau IP Address

Strategi jitu untuk menetapkan harga yang berbeda untuk pelanggan atau kelompok pelanggan yang berbeda.

Resources

Tingkatkan Pemesanan Secara Langsung ke Hotel dengan Menggunakan Lokasi Geografis sebagai cara untuk Menargetkan Pelanggan

Posted on | Posted in Blog

Strategi penargetan market berdasarkan geo-location atau IP Adress memungkinkan kamu untuk menampilkan harga kamar yang berbeda untuk orang yang berbeda tergantung pada lokasi geografis mereka. Kamu dapat secara efektif menampilkan harga kamar tergantung dari negara mana mereka berasal dan daya beli mereka.

penargetan geo-location

Sistem pemesanan hotel yang dimiliki oleh para OTA dikelola oleh berbagai penjual yang mencoba menjual kamar mereka secara online, dan salah satu kendala yang perlu disikapi adalah hotel kamu berada di antara ribuan akomodasi yang menjual kamar. Akomodasi-akomodasi lain ini bisa menurunkan harga kamar kapan saja untuk menarik lebih banyak pelanggan. Karena OTA berfokus terutama pada harga yang terendah, maka penurunan-penurunan harga ini dapat membuat hotel kamu kehilangan kesempatan untuk mendapatkan pelanggan.

Pemesanan hotel secara langsung menjadi semakin populer dari waktu ke waktu dan para travellers sekarang lebih memilih untuk membuat reservasi langsung dengan hotel melalui internet. Semua kebutuhan pelanggan kamu di masa digital ini dapat mereka lakukan dengan hanya duduk di depan komputer mereka, atau menggunakan ponsel mereka. Salah satu alasan utama yang membuat pelanggan lebih memilih untuk memesan langsung ke hotel kamu adalah karena dapat lebih mudah berurusan langsung tanpa perantara jika mereka perlu bernegosiasi.

Proses pemesanan secara online sangat rumit karena travellers dapat berpindah dari satu website ke website lainnya, yang dapat menyebabkan website-website tersebut kehilangan pelanggan. Hotel harus menggunakan kesempatan emas setelah pelanggan masuk di dalam website. Salah satu fitur terbaik untuk digunakan hotel dan telah tersedia dalam Booking Engine mereka adalah penjualan berbasis lokasi Geo atau geo-location 

Apa yang dimaksud dengan menargetkan pelanggan berdasarkan geo-location atau lokasi geo?

Target market  berbasis lokasi geo, dikenal juga sebagai IP Address targeting atau penargetan berbasis alamat IP.  Target market berbasis alamat IP memungkinkan kamu untuk menampilkan harga kamar yang relevan kepada pengguna di negara, kota, negara bagian tertentu, hingga berdasarkan kode pos.

Bagaimana Cara Kerja Penargetan dengan geo-location (lokasi geografis)?

Prosesnya melibatkan pemetaan alamat IP ke lokasi geografis dan dilakukan dengan cara reverse DNS lookup. Setelah siap, kamu akan memiliki akses ke informasi tentang nama jalan dan kota pelanggan. Memungkinkan kamu menentukan apakah mereka berada di area yang kamu targetkan untuk ekspansi bisnis atau melakukan kampanye pemasaran. Memudahkan kamu untuk menyesuaikan strategi pemasaran dan lebih efektif dalam menjangkau lebih cepat calon pelanggan 

Bagaimana Hal Ini Membantu Hotel?
Secara singkat:

Memungkinkan kamu untuk menampilkan harga kamar yang berbeda untuk orang yang berbeda tergantung pada lokasi geografis mereka. Kamu dapat secara efektif menampilkan harga kamar tergantung dari negara mana mereka berasal dan daya beli mereka. Beberapa negara memiliki taraf ekonomi yang lebih baik sehingga mampu untuk membayar harga kamar yang lebih tinggi, atau sebaliknya: Pelanggan dari negara-negara tertentu memiliki kemampuan membeli lebih rendah dari negara-negara lain, atau ada juga yang lebih sensitif dengan harga.

Hotel dapat membuat penawaran dan promosi khusus tergantung pada lokasi geografi

Dapat mengumpulkan data baru tentang klien dan perilaku mereka tergantung di mana mereka berada.

Ini semua membantu kamu untuk dapat memaksimalkan pendapatan per kamar dan menjangkau lebih banyak pelanggan.

Belajar Dari OTA

OTA menggunakan alamat IP untuk menemukan pasar tempat mereka dapat menampilkan hotel kamu. Tidak mengherankan jika tidak ada yang melakukan pemesanan langsung di website hotel mu , karena harga kamu mungkin telah dipotong di beberapa lokasi yang berbeda.

Bagaimana kamu  dapat memanfaatkan fitur ini dengan booking engine kamu sendiri?
Memasarkan penawaran kamu ke wilayah geografis yang berbeda?
Strategi ini bisa membawa tambahan revenue dan dapat dimonitor keberhasilannya.

Ini adalah keuntungan tambahan yang mulai disadari dan dimanfaatkan oleh banyak hotel. Ikutilah strategi ini dengan menggunakan booking engine ( mesin pemesanan) yang memiliki fitur Geo Location .

Ringkasan:

Sistem pemesanan hotel adalah bagian penting dari perhotelan. Untuk bisnis atau kesenangan, jutaan orang melakukan perjalanan setiap tahun. Hotel adalah pilihan alami bagi mereka yang ingin memesan kamar dan menikmati waktu senggang. Di pasar yang sangat kompetitif saat ini, hotel ingin menawarkan produk berkualitas dan juga tetap unggul. Di sinilah Booking Engine (sistem pemesanan) hotel berperan. Memiliki Booking Engine sendiri dapat membantu mengalihkan beberapa perbedaan yang telah kita bahas di atas.

Booking Engine kami dilengkapi dengan manfaat tambahan seperti; Kemampuan untuk menetapkan harga yang berbeda untuk pelanggan atau kelompok pelanggan yang berbeda. Kamu dapat membuat harga dan penawaran khusus yang berbeda sesuai kebutuhan kamu Ini akan membantu kamu menarik lebih banyak pelanggan dan menghasilkan lebih banyak pendapatan

Lihat layanan Booking Engine kami

Hubungi kami

≪ Back to Blog