Iklan berbayar: Apa Itu? Bagaimana Cara Kerjanya untuk Bisnis Hotel? Semua yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Iklan Berbayar

Hotel Marketing, Hotel Trends & Travel Technology

Resources

Iklan berbayar: Apa Itu? Bagaimana Cara Kerjanya untuk Bisnis Hotel? Semua yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Iklan Berbayar

Posted on | Posted in Blog

Dalam masa yang sangat kompetitif saat ini, di mana situs web hotel yang tak terhitung jumlahnya bersaing untuk mendapatkan perhatian, penetrasi pasar yang efektif adalah kunci untuk mencapai keuntungan yang cepat. Agar menonjol dan berhasil, memanfaatkan dua strategi utama yaitu pencarian organik dan iklan berbayar - sangatlah penting. Memilih pendekatan yang paling efektif yang disesuaikan dengan situs web dan identitas perusahaan kamu dapat membuat perbedaan besar dalam meraih pangsa pasar dan mendorong pertumbuhan.

Web Connection Blog

Meskipun pencarian organik dapat efektif dalam jangka panjang, mengurangi biaya dan meningkatkan rasio klik-tayang situs web kamu, iklan berbayar jauh lebih cepat, memberikan hasil langsung, menjangkau audiens target yang sangat spesifik, dan meningkatkan visibilitas perusahaan kamu dalam waktu yang sangat singkat. Hal ini membuat iklan berbayar lebih efektif dalam jangka pendek untuk bisnis kamu naik ke bagian atas di mesin pencari dalam waktu yang sangat singkat.

Jika kamu ingin tahu bagaimana cara sukses dalam iklan berbayar dan mempelajarinya secara mendalam, maka artikel ini cocok untuk kamu. Artikel ini akan membahas apa itu iklan berbayar, bagaimana cara kerjanya, strategi untuk iklan berbayar yang sukses dan semua yang perlu kamu ketahui tentangnya.

Apa yang dimaksud dengan Iklan Berbayar?

Iklan berbayar adalah strategi pemasaran online yang memungkinkan kamu untuk menargetkan dan menampilkan iklan kamu kepada audiens tertentu. Ada beberapa jenis iklan berbayar yang dapat dilakukan secara online melalui media baru seperti situs web, email, media sosial, telepon, dll. Atau media lama seperti radio, tv, buku, surat kabar. Saat ini iklan berbayar mengacu pada iklan yang dilakukan secara online di platform terkenal seperti Google, Facebook, X (Twitter), Instagram, Tiktok, Linkedin, dll. Tujuan dari iklan berbayar adalah untuk mendorong lalu lintas, meningkatkan prospek dan meningkatkan penjualan atau pendapatan untuk bisnis melalui iklan yang ditargetkan dan strategi untuk memastikan bahwa uang yang ditawar dalam iklan tidak sia-sia.

Iklan berbayar menjadi sangat penting karena memungkinkan kamu untuk secara tepat menargetkan audiens kamu berdasarkan minat dan perilaku demografis, sekaligus memberikan hasil langsung dengan menyediakan analisis terperinci yang menunjukkan data real-time dari promosi yang direncanakan. Oleh karena itu, iklan berbayar sangat penting jika kamu ingin bisnis kamu efektif dan terlihat dengan cepat, serta dapat meningkatkan pengenalan merek kamu.

Bagaimana Cara Kerja Iklan Berbayar?

Iklan berbayar umumnya bekerja melalui sistem penawaran di mana pengiklan membayar untuk mendapatkan ruang iklan di berbagai platform. Cara kerjanya seperti lelang di mana penawar membayar untuk memenangkan ruang iklan dan dapat memperoleh uang, baik melalui model PPC (Pay Per Click), CPC (Cost Per Click), PPI (Pay Per Impression), PPV (Pay Per View), dll. Secara umum, ini adalah cara kerja iklan berbayar, namun kami juga telah menyediakan langkah-langkah mendalam tentang cara kerjanya:

1.         Memilih Platform

Langkah pertama sebelum memulai kampanye iklan berbayar kamu adalah memilih platform yang kamu inginkan untuk menampilkan iklan kamu kepada audiens yang ditargetkan. Hal ini dapat dilakukan melalui platform mesin pencari, platform media sosial, atau platform yang memungkinkan kamu untuk menampilkan iklan kamu termasuk Google, Facebook, Instagram, LinkedIn, Youtube, X (Twitter), dll. Memilih platform yang tepat sangat penting karena akan memungkinkan kamu untuk menargetkan audiens secara efektif dan memaksimalkan kinerja kamu.

2.         Membuat Iklan Kamu

Langkah kedua untuk memulai iklan berbayar kamu adalah membuat iklan. Iklan ini harus menyertakan gambar, video, atau teks yang menarik dan menarik bagi audiens kamu. Iklan harus dibuat dengan cara yang spesifik yang sesuai dengan apa yang ingin kamu jual dan juga memperhatikan target pasar kamu. Iklan harus dirancang sedemikian rupa sehingga menarik perhatian audiens kamu untuk melakukan tindakan tertentu seperti mengklik, melihat, menggulir, dan sebagainya yang pada akhirnya akan mengarahkan mereka ke situs web kamu atau membeli produk kamu. Langkah ini sangat penting karena akan menentukan siapa yang akan melihat apa yang kamu jual dan akhirnya membeli apa yang kamu coba jual.

3.         Targetkan Audiens Kamu

Setelah membuat iklan kamu, langkah selanjutnya adalah menetapkan target audiens. Menetapkan target audiens akan memastikan bahwa iklan yang kamu tampilkan dan biaya yang dikeluarkan sudah ditargetkan kepada pelanggan yang tepat yang kemungkinan besar akan membeli produk kamu. Kamu dapat menggunakan informasi tentang usia, jenis kelamin, perilaku, dari mana mereka berasal untuk membantu kamu menargetkan audiens ini. 

4.         Menawar

Selama bidding, kamu dapat mulai menawar audiens tertentu, kata kunci, atau penempatan iklan kamu di platform seperti Google Ads, platform media sosial, dll. Proses ini biasanya menunjukkan berapa banyak pengiklan bersedia untuk mengeluarkan biaya per interaksi seperti klik, konversi, dan tayangan. Umumnya, tawaran yang lebih tinggi sering kali menunjukkan hasil yang lebih baik seperti lalu lintas yang lebih baik yang masuk ke situs web, lebih banyak klik, visibilitas yang lebih tinggi, dan peningkatan kesadaran merek. Namun, hal ini juga tergantung pada kualitas iklan dan relevansinya dengan audiens atau topik yang kemudian diubah menjadi skor kualitas dan skor relevansi untuk platform.

5.         Lelang Iklan

Setelah menawar, platform iklan mengubahnya menjadi lelang. Iklan dengan jumlah tawaran yang lebih tinggi, kualitas yang lebih baik, relevansi yang lebih baik dengan audiens umumnya memenangkan pelelangan dan menempatkan mereka ke slot yang tersedia dari pelelangan. Inilah sebabnya mengapa membuat iklan kamu dengan cara yang menarik bagi pelanggan kamu sangat penting jika kamu ingin memenangkan pelelangan.

6.         Penempatan Iklan

Setelah pelelangan, iklan yang menang akan mendapatkan tempat untuk slot yang tersedia dan ditampilkan dalam berbagai format seperti teks, gambar, video, dll. Visibilitas iklan akan sangat bergantung pada jumlah yang kamu tawar dan peringkat iklan yang kamu berikan. Kemudian kamu akan ditagih melalui model yang Kamu pilih untuk iklan kamu seperti PPC, PPI, dll. Ini akan melengkapi bagaimana kamu menawar dan bagaimana iklan berbayar bekerja.

Berbagai Jenis Iklan Berbayar

Ada berbagai jenis iklan berbayar, yang semuanya berfungsi untuk memenuhi berbagai produk, tujuan pemasaran, dan kebutuhan audiens. Pengiklan dapat memilih jenis iklan mereka sendiri berdasarkan apa yang mereka iklankan. Berikut adalah daftar berbagai jenis iklan berbayar di bawah ini :

1.  Iklan Mesin Pencari
2.  Iklan Tampilan
3.  Iklan Media Sosial
4.  Periklanan Terprogram
5.  Iklan Penargetan Ulang/Pemasaran Ulang
6.  Periklanan Lintas Platform
7.  Periklanan Influencer

1.         Iklan Mesin Pencari

Iklan Mesin Pencari, sering disebut sebagai Penelusuran atau Google Penelusuran karena dominasi Google, adalah jenis iklan berbayar yang menempatkan iklan di halaman hasil mesin pencari (SERP). Bentuk iklan ini membantu situs web Kamu tampil lebih tinggi di peringkat mesin pencari, sehingga meningkatkan visibilitasnya. Biasanya menggunakan model Pay Per Click (PPC), di mana pengiklan menawar kata kunci yang terkait dengan produk atau bisnis mereka. Ketika kata kunci ini dicari, iklan akan ditampilkan pada halaman hasil mesin pencari. Karena pengguna secara aktif mencari kata kunci ini, hal ini dapat menyebabkan tingkat konversi yang lebih tinggi karena mereka sudah tertarik dengan produk atau layanan yang diiklankan.

2.         Iklan Bergambar

Iklan Display adalah bentuk pemasaran online yang menggunakan visual seperti gambar, video, GIF, animasi, dan teks singkat. Iklan ini biasanya ditampilkan di situs web pihak ketiga, platform media sosial, dan aplikasi. Iklan bergambar dirancang untuk mendorong pengguna agar mengklik iklan dan melakukan tindakan, seperti membeli produk atau berlangganan saluran. Karena iklan bergambar sangat bergantung pada visual, sangat penting bahwa media yang digunakan menarik dan menarik bagi audiens untuk meningkatkan rasio konversi. Selain itu, kamu dapat menargetkan audiens tertentu berdasarkan informasi demografis, usia, minat, atau perilaku, sehingga iklan dapat menjangkau orang yang tepat secara efektif

3.         Iklan Media Sosial

Iklan Media Sosial adalah jenis lain dari Iklan Berbayar yang menampilkan iklan di media sosial. Iklan ditargetkan untuk audiens tertentu berdasarkan perilaku, minat, usia, jenis kelamin, dll dan ditampilkan sesuai dengan itu. Iklan dapat dalam berbagai format seperti spanduk, gambar, video, teks, cerita, atau postingan media sosial. Platform media sosial yang paling terkenal untuk iklan media sosial saat ini adalah Tik Tok, Instagram, Facebook, LinkedIn, dll. Iklan tersebut dapat ditargetkan kepada audiens yang ditargetkan berdasarkan anggaran, tujuan kampanye, atau analisis wawasan tentang audiens target.

4.         Periklanan Terprogram

Periklanan Terprogram adalah proses otomatis untuk membeli dan menjual ruang iklan digital menggunakan wawasan data dan algoritma. Metode ini menggunakan teknologi pemasaran untuk melakukan lelang real-time, menawar ruang iklan berdasarkan faktor-faktor seperti konten iklan, target audiens, produk, dan layanan. Tidak seperti pembelian iklan tradisional, iklan terprogram mengotomatiskan proses pembelian secara real-time, memastikan penempatan iklan yang efisien dan tepat sasaran.

5.         Penargetan Ulang / Iklan Pemasaran Ulang

Penargetan ulang atau Pemasaran ulang adalah jenis iklan berbayar yang menargetkan audiens yang sebelumnya pernah mengunjungi situs web, aplikasi, atau platform media sosial. Iklan ini, yang sering ditampilkan dalam bentuk banner, bertujuan untuk menarik kembali calon pelanggan yang hampir melakukan pembelian. Dengan mengingatkan mereka akan produk, iklan yang ditargetkan ulang mendorong pelanggan untuk kembali dan menyelesaikan pembelian mereka.

6.         Periklanan Lintas Platform

Periklanan Lintas Platform adalah strategi pemasaran yang menggabungkan berbagai metode periklanan ke dalam satu kampanye. Pendekatan ini biasanya menggabungkan saluran pemasaran digital (seperti iklan media sosial dan iklan mesin pencari) dengan saluran pemasaran tradisional (seperti TV, radio, dan media cetak). Dengan mengambil pendekatan lintas platform, jenis iklan ini fleksibel dan mudah beradaptasi, sehingga dapat merespons perubahan perilaku audiens, perkembangan produk, dan tren baru.

7.         Iklan Influencer

Influencer Advertising atau influencer marketing adalah kolaborasi antara brand dengan influencer populer untuk mempromosikan atau mengiklankan produk. Para influencer ini biasanya memiliki jumlah pengikut di media sosial yang memudahkan brand untuk mengekspos produk mereka kepada pelanggan baru. Biasanya hal ini memperhitungkan kredibilitas influencer itu sendiri untuk menjual produk. Influencer membuat bentuk konten mereka sendiri, bisa berupa video, gambar, cerita, teks, dan lain-lain untuk mengiklankan produk. Mereka juga memiliki tingkat keterlibatan yang lebih tinggi dengan audiens karena mereka dapat berinteraksi dengan pelanggan melalui posting, berbagi, menyukai, atau mengomentari komentar pelanggan.

Manfaat Iklan Berbayar

Ada banyak manfaat berbeda yang dapat diberikan oleh iklan berbayar pada bisnis kamu. Ini dapat mencakup hal-hal seperti meningkatkan visibilitas situs web kamu dengan sangat cepat, meningkatkan penjualan dan pendapatan produk kamu dengan sangat cepat, menjangkau audiens yang ditargetkan dengan sangat spesifik, atau beriklan dengan anggaran terbatas. Ini semua adalah hal-hal yang merupakan manfaat dari iklan berbayar yang akan dijelaskan lebih lanjut di bawah ini:

1.         Visibilitas Merek yang Cepat

Karena iklan berbayar, iklan produk kamu dapat dilihat oleh audiens dengan sangat cepat. Ini bisa di mesin pencari seperti Google atau platform media sosial seperti Facebook, Instagram, LinkedIn, dll.

2.         Targetkan Audiens Kamu

Iklan Berbayar juga memungkinkan kamu untuk menargetkan audiens kamu dengan sangat spesifik karena memberi kamu pilihan untuk beriklan secara tepat berdasarkan demografi, minat, usia, perilaku, dll. Berdasarkan hal-hal ini, iklan kamu akan ditampilkan sesuai untuk memastikan bahwa iklan kamu efektif dan menjangkau audiens yang benar-benar akan membeli produk kamu.

3.         Dapatkan Wawasan Pemirsa

Sebelum dan selama kampanye iklan berbayar kamu, kamu dapat mengumpulkan wawasan audiens tertentu untuk meningkatkan upaya periklanan kamu dan memastikan kamu menargetkan pelanggan yang tepat untuk merek kamu. Data ini biasanya mencakup analitik tentang perilaku, produk konsumen, demografi, dan lainnya. Dengan menganalisis informasi ini, Kamu dapat menyempurnakan iklan kamu.

4.         Iklan Lintas Platform

Iklan Berbayar juga memungkinkan kamu untuk menampilkan iklan dan merek kamu di berbagai saluran seperti Google, Facebook, Instagram, Media Sosial, dll. Ini berguna karena memungkinkan kamu menjangkau audiens yang lebih luas dan memberi kamu variasi pada platform tempat kamu menjual produk.

5.         Iklan Terukur
Iklan Berbayar juga memberi Kamu analitik dan metrik yang sepenuhnya terperinci dari kampanye kamu secara real time. Hal ini dapat berguna dalam mengevaluasi keefektifan kampanye iklan yang kamu keluarkan dan perubahan apa yang dapat kamu lakukan untuk memperbaiki iklan kamu. Hasil yang terukur akan membantu kamu memahami dan menganalisis langkah selanjutnya dengan lebih baik di promosi lain atau mempermudah apabila ingin membuat perubahan.

≪ Back to Blog